Wisata Kuliner: Sego Janganan

Sego janganan adalah salah satu makanan khas Banyuwangi. Dalam bahasa Indonesia sego janganan bisa diartikan nasi sayuran. Tapi jangan salah, kita tidak akan menemukan sayuran, melainkan hanya jagung muda yang dimakan dengan pindang serta sambal pedas.
Sego janganan sendiri memang merupakan kuliner tradisional khas Godong. Kuliner ini sebenarnya sama dengan nasi gudangan pada umunya dengan aneka irisan sayur yang direbus dan dicampur sambal urap. Bedanya, sego janganan diberi tambahan sambel pecel dan taburan uyah goreng. Tambahan itu yang menjadikan sego janganan memiliki cita rasa yang khas.
            Hanya saja, kuliner khas ini hanya bisa dijumpai setiap pagi saja sebagai menu sarapan. Ada banyak lapak atau warung, terutama di Desa Bugel dan Godong, yang menyediakan kuliner sego janganan. Hebatnya, hampir semua lapak atau warung yang menyediakan sego janganan selalu ramai dikerubuti pembeli setiap pagi.
            Sementara itu, Penjual makanan ini kini bisa dihitung jari. Tapi bila anda menjadikan makanan ini sebagai favorit, kenapa tidak membikinnya sendiri? Selain tergolong mudah, bahan-bahan sego janganan umumnya mudah didapat.
Pertama, anda siapkan bahan-bahan dasarnya. Yakni, jagung muda, parutan kelapa agak muda, dan pindang. Untuk bumbunya, anda siapkan kencur, kemiri, cabai merah, terasi, kecap dan garam secukupnya.
Buatlah bumbunya dulu. Kemiri dan terasi digoreng. Sedangkan jagung dan parutan kelapa dikukus hingga lunak. Seluruh bahan bumbu termasuk kemiri dan terasi ditumbuk bersama-sama hingga bahan menjadi halus. Kemudian campurkan jagung dan kelapa ke dalam bumbu.
Untuk pindang, jangan lupa direbus hingga matang. Lalu lumuri pindang dengan kecap yang dicampur garam secukupnya.
Sedangkan untuk bahan sambal, anda campurkan cabe rawit, terasi dan kemiri lalu tumbuk hingga halus.
Berbagai bahan tadi lalu hidangkan bersama-sama dengan nasi hangat. Rasa pedas, gurih, dan nikmatnya tentu tak terbayangkan lagi.
Selamat mencoba.

Written by:
Follow Our Twitter & Instagram : @JebengthulikBWI
Like Our Facebook : www.facebook.com/pages/Paguyuban-Duta-Wisata-Jebeng-Thulik-Banyuwangi

0 Comments:

Poskan Komentar